Pemkab Bojonegoro Perkuat Budaya Good Governance dalam Reformasi Birokrasi

Budaya Pemerintahan yang Baik melalui Reformasi Birokrasi Pemkab Bojonegoro

Bojonegoro, Jawa Timur - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro aktif mengambil bagian dalam Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Reformasi Birokrasi (RB), Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), dan Zona Integritas (ZI) bersama Asisten Deputi (Asdep) KemenPAN RB. Acara yang berlangsung di Ruang Angling Dharma Gedung Pemkab pada Jumat (2/2/2024) ini diarahkan untuk memperbaiki manajemen kinerja di lingkup pemerintah, sebagai langkah nyata dalam mewujudkan tata kelola yang baik.

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan II KemenPAN RB, Budi Prawira, menyampaikan bahwa evaluasi SAKIP tahun ini akan dilakukan lebih awal dari biasanya. Pemerintah daerah, khususnya Bappeda dan Inspektorat, diminta untuk memperkuat manajemen kinerja. Budi Prawira menegaskan kesiapan KemenPAN RB untuk membantu dan mengawal proses perbaikan tersebut dengan menerapkan konsep budaya kinerja dan sistem yang baik.

Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro, Adriyanto, menyambut baik kehadiran KemenPAN RB, menyatakan bahwa kunjungan ini memiliki nilai penting dalam upaya pemkab Bojonegoro untuk meningkatkan kinerja. Perbaikan kinerja tidak hanya terfokus pada kegiatan rutin, melainkan juga bagaimana memperbaiki kinerja secara menyeluruh, terutama terkait dengan reformasi birokrasi untuk memastikan integritas terjaga dan tata kelola unit-unit dijalankan sesuai ketentuan.

"Tugas kita untuk terus memperbaiki pemerintahan masih panjang. Ini membutuhkan partisipasi, komitmen, dan rasa tanggung jawab untuk memperbaiki kinerja. Pastikan informasi dan pemahaman pimpinan konsisten dari atas hingga ke bawah. Kerjasama diperlukan, terutama dalam konsolidasi temuan dan arahan di masing-masing unit," ungkap Adriyanto.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Sekretaris Daerah, Asisten dan Staf Ahli, kepala OPD, Kabag Setda, Camat, serta organisasi terkait lainnya. Dengan menghadirkan berbagai unsur, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berkomitmen untuk membangun budaya Good Governance yang kuat dan efektif dalam mendukung reformasi birokrasi dan peningkatan kinerja instansi pemerintahan.